Beranda > Ageman > Yang Berhak Menjadi Imam

Yang Berhak Menjadi Imam

imamabdulqodirDiceritakan dari Muslim dari Ibnu Mas’ud berkata : Baik menjadi imam suatu kaum orang yang lebih bisa membaca Alqur’an, maka apabila bacaannya itu sama maka yang menjadi imam yang lebih tahu masalah sunnah, apabila pengetahuan tentang kesunnahan sama maka lebih baik menjadi imam suatu kaum adalah yang lebih dahulu hijrahnya, maka apabila kaum hijrahnya sama maka lebih baik yang menjadi imam yang lebih tua usianya, Jangan menjadi imam seorang laki-laki yang menjadi kekuasaan orang laki-laki dan jangan duduk seorang laki-laki di rumahnya seorang laki-laki atas kemuliaan seorang laki-laki kecuali mendapat ijin laki-laki itu.

Menurut hadits diatas maka urutan orang yang berhak menjadi imam adalah :

1. Orang yang bacaan Al Qurannya paling bagus.
Hal ini terkait pula dengan kefasihan dan kelurusan bacaannya, betul makhroj dan tajwidnya serta hukum-hukum bacaan yang menyertainya.

2.Pengetahuan / ilmu tentang sunnah lebih dalam.
Orang yang lebih tahu masalah agamanya diutamakan daripada orang yang pengetahuan agamanya sedikit.

3.Orang yang lebih dahulu hijrahnya.

4.Yang lebih tua usianya.

PERLU KITA RENUNGKAN

Sementara di sebagian masyarakat kita, yang menjadi imam biasanya orang yang paling tua karena dianggap yang paling mengetahui dan mumpuni meskipun dari sisi bacaan terkadang tidak betul dan kurang berhati-hati. Panjang pendek tidak terkontrol, kapan berhenti dan kapan disambung tidak dipedulikan, bahkan membacanya dengan tergesa-gesa pun tidak menjadi soal. Bahkan yang lebih ironis adalah karena derajat, kedudukan maupun status sosial di masyarakat. Dan sayangnya masyarakat juga percaya sekali dan tidak begitu peduli dengan bacaan imam. naudzubillahi min dzalik.

Dari ‘Aqoil dari Ibnu Umar berkata : Barangsiapa menjadi imam pada kaum, apabila orang itu lebih bisa membaca Al-Quran dari pada imam dan lebih pandai tetapi tidak mau menjadi imam maka Alloh merendahkan (membenci) sampai hari kiamat.

Dari hadits ini diterangkan bahwa Alloh akan merendahkan (membenci) seseorang yang bagus dan pandai membaca AlQuran tetapi dia tidak mau menjadi imam dan membiarkan sholat diimami oleh orang yang bacaanya kurang bagus.

PERLU KITA RENUNGKAN

Sementara kita terkadang rikuh (sungkan) jika mengajukan seseorang yang kita pandang lebih baik bacaannya jika ternyata sudah ada imam padahal kita tahu bacaannya kurang bagus.

  1. 3 Juni 2013 pukul 6:51 pm

    Greetings from Florida! I’m bored to death at work so I decided to check out your blog on my iphone during lunch break. I enjoy the knowledge you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how fast your blog loaded on my phone .. I’m
    not even using WIFI, just 3G .. Anyways, fantastic blog!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: