Beranda > Tips Bermanfaat > Berani Menulis itu BAGUS

Berani Menulis itu BAGUS

nulistanganApa yang akan anda lakukan ketika menghadapi sebuah layar putih berbingkai biru dengan 3 tombol di sebelah kanan atas dan di sebelah kiri atas tertulis Untitled-Notepad ?

Seringkali kita tak tahu apa yang harus dilakukan ketika menemui kejadian seperti diatas. Padahal kita bisa saja menuliskan sebuah huruf saja dengan tujuan agar halaman itu tidak kosong. Namun seringkali yang kita lakukan adalah menggerakkan kursor menuju tombol berwarna merah dengan simbol X didalamnya dan dengan mantap kita klik, cukup satu kali. Dan akhirnya melayanglah semua kata-kata yang sebenarnya bisa kita goreskan di sana.

Teman, terkadang kita tidak tahu harus menulis apa. Atau tak jarang kita kebingungan bagaimana cara merangkai kata-kata yang ada di kepala. Padahal ingin sekali ketika kita melihat 5 menit kemudian di sana sudah ada beberapa paragraf kalimat yang tersusun.

MENULIS. Sebuah kata yang cukup singkat, dan cukup 3 penggal kata ketika mengucapkannya. Namun tahukah Teman, dibalik tulisan-tulisan yang kita baca, diantara gagasan-gagasan cemerlang, ide-ide brilian, serta buku-buku best seller di sana terukir perjuangan yang panjang, kesabaran yang tinggi dan semangat yang tak pernah padam.

Sebagian orang mengatakan menulis adalah bakat alami, sementara yang lain mengatakan menulis merupakan hal yang dapat dipelajari. Tentu tak salah mengingat ternyata banyak orang yang dulu tak pandai menulis akan tetapi setelah belajar dan menulis berkali-kali akhirnya menjadi seorang penulis handal. Ingat, tak ada yang tak mungkin jika kita sungguh-sungguh.

Oke marilah kita uraikan sedikit tips bagaimana menulis  itu. Mari kita tengok :

1. Cari inspirasi
Inspirasi bisa datang darimana saja dan tentang apa saja. Oleh karenanya banyaklah berpetualang sehingga ruang lingkup dan cakupan wawasan menjadi luas.

2.Kenali Kesukaan Bidang
Agar kita semangat menulis, maka tulislah hal-hal yang disukai. Tujuannya adalah agar kata-kata dan gagasan bisa lebih mudah muncul sehingga tidak terlalu mengalami kesulitan. Ingat, ternyata kemalasan seseorang itu terkadang disebabkan sulitnya mencari kata-kata dan gagasan tentang hal yang belum dipahaminya.

3.Mulailah menulis
Setelah inspirasi diperoleh langsung ditulis saja. Tentang isi dan tujuan penulisan? Itu kita pikirkan belakangan. Toh sebelum tulisan diterbitkan masih dikoreksi. Yang terpenting adalah mulai menulis. Apa yang perlu ditulis? Yaitu kata-kata dan gagasan yang muncul di kepala. Apapun itu dan seburuk apapun susunan katanya tidak perlu dirisaukan. Yang penting adalah MEMULAI. Kata orang Memulai sesuatu itu merupakan 50% bagian keberhasilan. Memulai memang berat, tapi setelah menemukan kata-kata baru maka akan hambatan menjadi terkurangi.

4.Fokuskan topik bahasan
Usahakan fokuskan topik bahasan sehingga memudahkan kita mengecek kembali jika ada hal yang menyimpang. Ini penting karena kebanyakan tulisan yang tidak nyambung itu dikarenakan ketidak konsistenan pokok bahasan. Semisal pada awalnya kita akan membahas cara mencegah kekearasan di sekolah, tapi di akhir ternyata tulisan kita menyimpulkan cara membasmi nyamuk DBD. Jadi harus konsisten. Bolehlah bergoyang ke kanan dan ke kiri jika itu bisa menjadi lebih menarik, tetapi usahakan jalannya tetap lurus ke depan.

5.Menulislah untuk dirimu sendiri
Jangan perhatikan perkataan orang lain dan tanggapan orang lain secara serius. Pada tahap ini kamu harus PeDe bahwa tulisan itu layak untuk dibaca minimal dibaca sendiri. Nanti jika sudah mahir baru menulislah untuk berbagi ilmu.

6.Postingkan/Terbitkan tulisan
Terbitkan tulisan kita di muka umum. Ini berguna untuk menguji seberapa beranikah kita membiarkan tulisan kita dibaca oleh banyak orang. Dan juga seberapa tangguhkah kita untuk menghadapi kritik dan saran. Postingkan di blog pribadi atau website atau sarana lain. Asal jangan di tengah jalan, berbahaya.

7.Belajar tak kenal lelah
Never ending learning. Jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha dan berusaha. Jika kali ini gagal yakinlah suatu saat akan berhasil. Seorang penulis best seller sekalipun tak ada yang langsung berhasil. Justru banyak kegagalan dan kesedihan di awal-awal mereka menulis buku. Jadi Semangat dan Pantang Menyerah adalah kuncinya.

8.Terus berdoa dan berusaha
Harus yakin bahwa kita dituntun dalam segala hal oleh-Nya. Mohonlah selalu agar diberi kejernihan hati dan kesucian hati sehingga bisa menulis dengan mudah dan bermanfaat.

Itulah kiat-kiat yang bisa diterapkan. Bagaimana sudah siap untuk MENULIS?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: