Beranda > Komputeria > Blogging: Sarana Aktualisasi Diri

Blogging: Sarana Aktualisasi Diri

Blogging atau Ngeblog merupakan sebuah aktifitas dimana kita menuliskan sesuatu pada sebuah media publik ( blog ) namun milik kita sendiri. Secara mudahnya kita menuliskan sesuatu lalu menampilkannya di internet. Pada awalnya saya tertarik untuk Ngeblog karena teman-teman kuliah dulu suka Ngeblog. Jadi bisa dibilang awal saya menjadi seorang Blogger ( sebutan untuk para pengguna Blog ) hanya ikut-ikutan semata. Namun lambat laun seiring perjalanan waktu saya merasakan bahwa Ngeblog bisa menjadi suatu sarana bagi kita untuk mengaktualisasikan diri. Kita bisa menuliskan apa saja yang ada di pikiran kita kemudian kita bisa berbagi dengan siapa saja.

Kenapa memilih Blog (Webblog) ?

Menuangkan ide ke dunia maya memang tidak hanya dapat dilakukan melalui Webblog saja. Masih ada sarana lain yang bisa berfungsi sebagai tempat curahan hasil pemikiran kita antara lain : Website, Facebook, Twitter, forum diskusi dan lain sebagainya. Tentu saja dengan berbagai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Ada beberapa sebab kenapa saya ( mungkin juga kawan-kawan ) masih setia bertahan dengan Blog daripada sarana yang lain :

1. Blog atau webblog banyak yang tersedia GRATIS.
Bisa jadi pertimbangan menggunakan Blog adalah karena ke-GRATIS-annya. Berbeda ketika kita akan menggunakan sebuah Website ( situs pribadi) yang mana kita harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan sebuah account. Saat ini banyak penyedia layanan Blog gratis semisal wordpress.com, blogspot.com, multiply.com dan lain-lain. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun kita bisa menikmati aktifitas Blogging dengan mudah dan praktis. Cukup dengan mendaftar dengan cara yang relatif mudah maka kita sudah mendapatkan blog pribadi kita. Tentu saja ada beberapa keterbatasan ketika menggunakan hal gratisan, tetapi jika kita bisa sedikit kreatif maka memaksimalkan hal yang terbatas tersebut sudah bisa menghasilkan karya yang boleh dibilang bagus.

2. Blog bisa dinikmati oleh kalangan luas dan tak terbatas lingkup tertentu.
Keunggulan blog adalah bisa dibaca, dinikmati dan dikomentari oleh siapa saja baik yang sudah kenal dengan kita maupun yang sama sekali belum kenal. Berbeda ketika kita menggunakan Facebook, dimana yang bisa membaca hanyalah yang menjadi kawan kita di Facebook sementara kalangan di luar itu tidak bisa membacanya.

3. Sangat menyenangkan bagi yang tidak ingin diketahui identitasnya.
Dengan menggunakan nama Blog yang bukan merupakan inisial atau nama kita, maka identitas kita tidak diketahui kecuali oleh orang-orang yang kita beritahu atau yang mengenal bahwa itu blog milik kita. Di satu sisi saya menyukai hal ini karena kita bisa bebas berekspresi tanpa diketahui. Jika menggunakan facebook sedikit banyak orang jadi tahu bahwa itu hasil karya kita. Tapi bagaimanapun yang jelas asal bisa ikhlas dalam Ngeblog insya Alloh akan memberi manfaat.

4. Bisa menjelajah ke banyak blog lain ( blog walking ).
Dengan masuk ke komunitas blogger maka selain bisa berkenalan dengan blog-blog lain, kita bisa juga mendapat ilmu dari isi blog tersebut atau kita menjadi tertantang untuk meng-customize blog kita menjadi lebih keren ketika melihat ada blog yang kita rasa berkelas. Meskipun saya pribadi belum pernah mendaftar ke komunitas blogger tetapi melihat para blogger yang berkumpul di komunitas blogger kelihatannya cukup seru. Ada banyak manfaat di sana bisa saling tukar info, tips, dan pengalaman.

Dan masih banyak lagi alasan kenapa memilih blog. Mungkin dari kawan-kawan ada yang bisa menambahi akan sangat membantu penyempurnaan tulisan ini. Yang jelas ketika kita terobsesi menjadi seorang penulis namun belum ada penerbit yang mau menerima tulisan kita, Blog bisa menjadi alternatif pilihan mem-posting tulisan kita. Sembari memperbaiki tulisan dengan rajin update Blog maka kemampuan kita akan terasah. Jadi tak perlu minder untuk Ngeblog. Kita bisa belajar bersama, berbagi bersama dan berkembang bersama.

  1. 17 Agustus 2015 pukul 6:02 am

    Info sangat menarik, sukses ya mas.. , Adrianne

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: