Beranda > Ageman > Romadhon 1431 H akan datang

Romadhon 1431 H akan datang

Romadhon 1431 H segera menghampiri kita. Semoga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Romadhon tahun ini. Diberi kemudahan untuk memaksimalkan ibadah, meningkatkan kualitas ibadah dan menambah kuantitas ibadah. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita menyambut Romadhon dengan hati gembira , penuh syukur karena di Bulan Romadhon Alloh menutup pintu neraka dan membuka seluas-luasnya pintu surga, jaminan penghapusan dosa dan kesalahan yang telah dilakukan, serta membuka pintu rahmat. Tapi ingat hal ini hanya berlaku bagi yang benar-benar mengisi Romadhon dengan kebaikan dan meninggalkan keburukan. Sedangkan yang tidak ada bedanya dengan hari-hari biasa, bahkan lebih buruk maka kerugianlah yang diperoleh.

Menyambut tamu agung [Romadhon] tentu saja kita butuh persiapan dan kesiapan. Persiapan-persiapan itu kita lakukan agar di bulan Romadhon benar-benar siap secara lahir batin untuk mengisi dengan ibadah. Beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Persiapan Jasadi ( Fisik )

Tak ayal, romadhon menguji kekuatan fisik kita. Siang hari kita harus menahan lapar dan dahaga, sementara masih melakukan pekerjaan seperti biasa. Di malam hari kita melaksanakan ibadah sholat Tarawih, tadarus al-Quran, sahur malam dan berbagai aktifitas lain. Semua itu menuntut fisik yang oke, kesehatan yang prima. Oleh karena itu mulai sekarang perbanyak olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Jika sekarang dalam kondisi sakit, sesegera mungkin untuk diobati sehingga ketika masuk Romadhon sudah fit. Jangan lupa selama Romadhon jika perlu kita menambah dengan multivitamin agar senantiasa sehat dan bugar.

2. Persiapan Ruhiyah

Selain Fisik, ruhiyah kita-pun perlu dipersiapkan. Jangan sampai kita belum siap dengan Romadhon sehingga awal Romadhon masih tahap penyesuaian dan benar-benar siap dengan Romadhon justru ketika hampir usai Romadhon. Perbanyak Qiyamul Lail (sholat malam), perbanyak baca Quran, perbanyak puasa sunnah, dan perbanyak sedekah. Kesemuanya kita kerjakan agar kita lebih siap untuk mengisi Romadhon dengan hal-hal tersebut. Dengan demikian kita bisa memaksimalkan ibadah selama bulan Romadhon penuh. Kita akan jauh dari rasa malas dan ogah-ogahan karena kita sudah terbiasa. yang kita lakukan adalah menambah kuantitas dari ibadah-ibadah sebelumnya.

3. Persiapan Maali ( Keuangan )

Para ulama dahulu ketika bulan romadhon datang, mereka sama sekali berhenti dari mencari nafkah. Lalu bagaimana bisa mencukupi kebutuhan? Mereka sudah menyisihkan uang sebelum Romadhon yang sekiranya bisa untuk emmenuhi kebutuhan selama Romadhon. Sehingga mereka bisa khusyu’ beribadah. Nah sedangkan bagi kita yang masih bekerja selama Romadhon, maka persiapan keuangan ini juga penting dilakukan. Tujuannya agar kebutuhan selama Romadhon bisa terpenuhi dengan baik, tidak sampai kekurangan yang akibatnya mengurangi porsi untuk ibadah karena mengejar setoran dapur. Untuk itu menyisihkan budget khusus untuk Romadhon tidak ada salahnya. Toh semua demi kelancaran dan kekhusyukan ibadah.

4. Persiapan Ilmu

Amal tanpa ilmu adalah sia-sia. Nah bagi kita sedapat mungkin mulai mempelajari kembali (refresh) ilmu tentang Romadhon. Sehingga begitu memasuki romadhon kita telah benar-benar siap. Kita sudah paham dasar hukumnya, sudah tahu syarat rukunnya, paham hal-hal yang bisa membatalkan dan merusak pahala puasa. Sebenarnya tidak ada salahnya di awal Romadhon kita baru membuka kembali buku-buku Romadhon kita, tapi alangkah lebih baik jika  sebelum Romadhon kita telah paham betul tentang Puasa. Kita siap dengan segudang aktiftas yang akan kita jalani dan bisa menjalani dengan hati yang mantap sejak awal Romadhon.

Itulah beberapa hal yang perlu kita Siapkan. Mari, kita manfaatkan sisa Sya’ban ini untuk mempelajari seputar Romadhon. Semoga Romadhon kali ini lebih memberi makna dan bisa mengisinya dengan maksimal dan berharap semoga di akhir Romadhon telah diampuni segala dosa kita. Amiin.

  1. 8 Agustus 2010 pukul 5:42 pm

    smoga kita smuanya dah mempersiapkan diri menyambut ramadhan tahun ini,wassalam

  2. satufikr
    9 Agustus 2010 pukul 5:38 am

    amiin.. wa’alaikumsalam..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: