Beranda > Tips Bermanfaat > Kekuatan Menyebut Nama

Kekuatan Menyebut Nama

Nama seseorang merupakan suara paling manis dan penting dalam bahasa apapun bagi orang yang bersangkutan. Demikian kata Dale Carnegie dalam How to Win Friends and Influence People. Betapa pentingnya sebuah nama sehingga ketika seseorang dipanggil dengan nama yang keliru satu huruf saja bahkan salah sebut maka orang itu akan merasakan kecewa. Nama memang bukan sekedar label untuk membedakan satu orang dengan orang yang lain, tetapi lebih dari itu nama mengandung beberapa hal yang lebih penting semisal asal-usul, agama, latar belakang sosial dan lain-lain. Bahkan bagi seorang muslim, nama merupakan suatu doa. Oleh sebab itu dituntunkan untuk memberi nama anak dengan nama yang bagus.

Dalam suatu hubungan sosial, Dale Carnegie menjelaskan, menyebut nama akan menimbulkan suatu rasa penting dan dihargai bagi sang pemilik nama. Secara tidak langsung hal ini akan membangkitkan suatu keterbukaan yang mempermudah komunikasi. Oleh karena itu tak jarang orangtua lebih sering berkata kepada anaknya dengan menyebut nama [ diembel-embeli sebutan seperti mbak, mas, adik dll ] karena si anak akan lebih merasa dihargai dan rasa ke-aku-an si anak benar-benar disentuh. Pun demikian halnya ketika kita berkomunikasi dengan orang lain sedapat mungkin dengan menyebut namanya lebih sering daripada menyebut dengan kata ganti semisal kamu, elu, ente, kalian.

Memahami betapa pentingnya nama, ada baiknya jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh dalam mengingat nama seseorang. Lebih bagus lagi jika kita hafal nama lengkap seseorang disertai hal yang menjadi ciri khusus, sifat atau hal yang menjadi kebanggaannya. Ketika berkenalan dengan orang lain, kebanyakan kita lebih sering berpikir di tempat lain ketika kawan baru itu menyebut namanya. Sehingga begitu pertemuan selesai maka kita akan lupa telah bicara dengan siapa [ lupa nama ]. Untuk itu cobalah kita fokuskan sejenak pikiran kita ketika kawan baru menyebutkan namanya. Kita rekam di otak kita dan kita kaitkan dengan hal unik yang ada padanya. Suatu saat ketika kita bertemu dengannya pertama kali, sebutlah namanya dan tanyakan hal yang menjadi kebanggaannya semisal kendaraannya, keluarganya, bisnisnya dan lain sebagainya. Dan lihatlah betapa ia akan terbuka menyambut dan berkomunikasi dengannya.

  1. tunggudulu
    4 Oktober 2010 pukul 6:35 am

    iya tuh kadang aq sudah lupa kalo baru kenalan…5 menit pergi udah lupa lagi namanya…salam kenal…tukeran link gan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: