Beranda > Motivasi > Apa yang bisa aku dapatkan?

Apa yang bisa aku dapatkan?

Kita pernah dengar “jangan kau tanyakan apa yang bisa kau dapatkan, tapi tanyakan apa yang telah kau berikan”. Hampir dalam konteks apapun kalimat ini sering dipergunakan. Dalam organisasi, dalam perkumpulan, dan lain-lain. Yang intinya kita diajak untuk berpikir tentang apa yang bisa kita sumbangkan untuk sebuah organisai atau perkumpulan atau orang lain tanpa pernah tahu kita akan dapat balasan apa

Hal itu tidak salah, pun tak sepenuhnya benar.  Mengenai “apa yang bisa kita dapatkan dari sesuatu” itu penting untuk ditanyakan. Dan kalau perlu dicari jawabannya. Jangan sampai kita sudah lelah-lelah berkorban ternyata tak ada yang kita dapatkan.Kita berkorban dengan memberikan sesuatu, tetapi kita tak tahu bakal dapat apa.

Melakukan sesuatu itu perlu tahu apa imbal baliknya. Jika ini dikaitkan dengan keikhlasan maka tidak bertentangan dengan prinsip ikhlas. Ikhlas itu bukan berarti tanpa “pamrih apa-apa”, tetapi dengan tahu apa yang akan kita dapatkan, kita bisa melakukan sesuatu dengan lebih. Selain itu dengan kita tahu “akan dapat apa” maka kita akan lebih semangat jika memang apa yang kita lakukan sudah benar dan juga bisa menghindari kalau ternyata yang kita bela-belain itu salah.

Jadi sebelum melakukan sesuatu tanyalah “apa yang bisa aku dapatkan”, lalu berikan usaha terbaik kita.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: