Beranda > Ageman > PERSIAPAN RAMADHAN

PERSIAPAN RAMADHAN

Sebentar  -8 hari – lagi insya Allah kita akan menyongsong bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan tidaklah sama dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan ini berkah dicurahkan, pintu ampunan dibuka lebar, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka,  pahala dilipatgandakan, kebaikan memenuhi siang dan malamnya dan ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan yaitu lailatul qadar.

Memasuki atau menyambut bulan Ramadhan tentunya memerlukan persiapan-persiapan agar kita dapat mengisi Ramadhan dengan maksimal. Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 29 Juni 2012 ketika itu saya sholat Jumat di bilangan Jakarta Selatan, di Jalan Srengseng Sawah. Hari itu sedang ada acara silaturahim dengan keluarga. Tema khutbah atau isi khutbah membahas tentang apa saja yang harus dipersiapkan menyambut bulan Ramadhan.

Dalam khutbah tersebut disampaikan bahwa setidaknya ada empat hal yang harus dipersiapkan menyambut Ramadhan. Ke-empat hal tersebut antara lain :

1. PERSIAPAN RUHIYAH

Persiapan ruhiyah menyangkut persiapan hati kita untuk menyambut Ramadhan. Kita perlu bersihkan hati dari dari segala kotoran, kita hapuskan noda-noda dosa yang menghitamkan hati kita, sehingga kita memasuki Ramadhan dengan hati yang bersih dan suci.

2. PERSIAPAN JASADIYAH

Tak bisa dipungkiri bahwa shoum menuntut kebugaran fisik. Bagaimana tidak, di siang hari kita menahan lapar dan haus. Jika kita tidak dalam kondisi fit maka akan terasa berat. Kemudian di malam hari aktifitas ibadah kita juga tak kalah banyak. Sholat tarawih, tadarrus, mengaji, mengkaji kitab dan amalan lain. Memang di bulan Ramadhan ini kita seharusnya memaksimalkan ibadah kita. Jangan sampai Ramadhan berlalu begitu saja tanpa kita bisa memanfaatkannya. Nah agar kita tetap mampu melaksanakan ibadah-ibadah tersebut dengan baik maka fisik kita, jasmani kita harus segar dan bugar. Untuk itu mulai perbanyak olahraga sehingga badan tetap fit. Ada anjuran juga untuk shoum sunnah . Diantara manfaatnya adalah melatih atau membiasakan fisik kita dengan kondisi shoum.

3. PERSIAPAN FIKRIYAH

Persiapan fikriyah meliputi persiapan kita mengenai ilmu shoum. Yup, al’ilmu qoblal qoul wal ‘amal, ilmu sebelum berkata dan berbuat. Kita perlu me-refresh kembali ilmu-ilmu tentang shoum di bulan Ramadhan. Dengan demikian semangat kita akan lebih terdorong untuk memaksimalkan Ramadhan. Kita akan tahu syarat dan rukun shoum, larangan-larangan ketika shoum, hal-hal yang membatalkan shoum dan lain sebagainya, sehingga kita lebih mantap dan yakin ketika kita melakukan ibadah. Jangan sampai kita beribadah hanya karena ikut-ikutan tanpa tahu dalilnya. Untuk itu perbanyak baca buku tentang Ramadhan atau cari di internet.

4. PERSIAPAN MAALIYAH / KEUANGAN

Ramadhan merupakan bulan yang istimewa. Bahkan para ulama dahulu benar-benar memfokuskan diri mengisi Ramadhan dengan ibadah. Lalu bagaimana dengan kebutuhan mereka? Mereka bekerja selama 11 bulan kemudian ketika Ramadhan tiba mereka tidak bekerja. Segala kebutuhan dipenuhi menggunakan hasil beekrja selama 11 bulan tersebut. Nah memang kenyataannya keperluan hidup di bulan Ramadhan ternyata tidak lebih kecil dari bulan-bulan lain. Tak jarang justru kebutuhan di bulan Ramadhan lebih banyak dari bulan-bulan lain. Banyaknya kebutuhan ini tentu memerlukan sumber pendanaan yang cukup. Seringkali orang yang tidak mempersiapkan secara bijak mengenai keuangan ini akan keteteran ketika memasuki bulan Ramadhan. Untuk itu perlulah kita membuat daftar pengeluaran dan sumber pendanaan yang ada dan halal.

Itulah ke-empat hal yang perlu kita siapkan menyambut bulan Ramadhan. Kita berdoa semoga kita disampaikan pada Ramadhan tahun ini, kemudian mohon agar kita diberi kemudahan dalam mengisinya dan kemudian bisa memaksimalkan ibadah di bulan ini sebagai bekal sebelas bulan berikutnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: