Beranda > Blogroll > Saat Sesuatu Berjalan Tidak Seperti Harapan

Saat Sesuatu Berjalan Tidak Seperti Harapan

Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, Allah-lah yang menentukan. Kiranya kata-kata bijak ini sangat tepat dan bisa menjadi sebuah perenungan. Dalam kehidupan manusia tentu tak lepas dari mengharapkan sesuatu. Baik sesuatu itu berwujud benda maupun sesuatu yang tak dapat disentuh raga. Hampir dipastikan bahwa manusia berharap sesuatu terjadi sesuai dengan keinginannya.

Namun ada kalanya apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita berharap hasilnya adalah A, namun kenyataan hasilnya adalah B. Pun juga kita berharap agar dijauhkan dari X, namun ternyata X itulah yang kita dapat. Dan saat ini terjadi maka akan sesuatu yang mengganjal dalam hati kita. Kita mungkin bertanya kenapa sih harus begini? Kenapa sih gak bisa seperti orang-orang lain yang mendapatkan hal-hal menyenangkan? Dan beribu tanya yang lain. Mungkin pula kita menghubung-hubungkan dengan hukum sebab akibat. Kita sudah melakukan apa yang menjadi syarat tercapainya sesuatu. Namun toh akhirnya tidak berhasil. Misal kita sudah bekerja keras, sekeras orang lain, namun hasil yang diperoleh boleh jadi tak sama dengan orang lain.

Sebagai orang beriman sudah barang tentu kita harus menyikapi hal-hal tersebut (yang tidak sesuai harapan-red) dengan iman. Kita harus menyadari terlebih dahulu bahwa apa yang telah ditakdirkan untuk kita itulah YANG TEPAT dan TERBAIK untuk kondisi kita saat ini. Yakinlah bahwa Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan, sementara kita hanya menduga-duga bahwa kemungkinan apa yang kita minta itu akan membawa kebaikan. Kemudian tumbuhkanlah pemahaman bahwa Allah berbuat sesuai kehendak-Nya. Dan tak seorangpun yang mampu menolak kehendak-Nya. Jangankan seorang, bahkan seluruh makhluk bersatu untuk memberikan bantuan, maka suatu hal tetap takkan terjadi tanpa kehendak Allah.

Jika demikian maka saat kita menjumpai bahwa apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita maka ikhlaskanlah, kemudian yakinlah bahwa inilah yang TEPAT dan TERBAIK untuk kita. Kemudian syukurilah bahwa ternyata kita masih lebih beruntung dari orang lain yang mengalami hal yang lebih menyedihkan dari kita. Jangan pernah menyalahkan takdir.

Kategori:Blogroll
  1. 12 Desember 2012 pukul 6:26 am

    smangat kang..🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: