Beranda > Seputar NiKaH > Mencari Pasangan Hidup

Mencari Pasangan Hidup

cintcintMenunggu jawaban pertanyaan dengan siapa akhirnya kita bersanding -bagi orang yang belum menikah merupakan sebuah misteri. Di satu sisi menjadikan penasaran dan di sisi lain memberi harapan. Sebagian orang mengatakan jodoh itu tergantung bagaimana usaha kita mencarinya, sebagian lagi menyadari bahwa jodoh itu sudah ditentukan.

Sebagai orang yang belum menikah, aku berpikir bahwa sebenarnya jodoh itu memang tergantung usaha kita mencarinya meskipun itu memang telah ditakdirkan. Bahkan usaha kita itu merupakan salah satu sarana yang diberikan Alloh dalam rangka menjemput takdir (menikah).

Lalu apakah kita bisa memilih pasangan hidup kita? Jawabnya, Pasti Bisa.

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji pula. dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik…..” QS. An-Nur:26

Dari sini dapat dipahami bahwa ternyata mau seperti apa pasangan kita, bisa kita usahakan. Mau yang cantik, sholehah dan menyenangkan atau yang udah gak cantik plus akhlaknya buruk? Semua tergantung kita.

Kuncinya adalah diri kita.

Kualitas diri kita akan menentukan dengan siapa kita berhak berdampingan dan siapa saja yang berhak mendampingi kita. Sebagai contoh, bila kita ingin istri yang sholeh maka diri kitapun harus sholeh pula, minimal setara , syukur bisa lebih. Kita ingin istri yang setia dan bertangungjawab, ya berarti kita harus bisa menjaga kehormatan diri dan mempunyai sikap tanggung jawab. Bahasa kerennya se kufu atau sepadan. Disini berlaku hukum kesetaraan dimana pada umumnya kita akan mendapat yang tak jauh beda latar belakangnya dengan kita. Meski kadang untuk kasus khusus bisa saja terjadi hal yang secara logika tak mungkin tapi kenyataannya terjadi juga.

So yang harus kita laukan adalah mempersiapkan diri, kalau perlu digembleng, agar pantas bersanding dengan calon pasangan yang kriterianya telah kita tentukan . Meskipun demikian niat kita harus tulus hanya untuk meraih Ridho-Nya, bukan sebatas agar dapat yang sesuai keinginan kita. Toh Alloh juga tahu apa yang ada di dalam hati dan pikiran kita.

Jadi soal jodoh bukan melulu kita menunggu takdir akan tetapi kita berusaha. Lalu setelah semua usaha yang sudah dijalankan, hasilnya kita pasrahkan pada Sang Maha Kuasa.

  1. linathulin
    29 Oktober 2009 pukul 6:32 am

    bener banget bila orang baik akan dapat orang yg baik pula
    tapi terkadang kita tak bisa menolak takdir yg telah di gariskan tuk hidup kita….
    gitu kali yaaa…

  2. satufikr
    29 Oktober 2009 pukul 7:07 am

    yup betul..tapi bagaimanapun keadaannya takdir itu pastilah yang terbaik untuk kita.. tapi Alloh juga melihat usaha kita lho.. kalau diri kita baik atau sungguh-sungguh ingin menjadi baik insya Alloh dapat yang terbaik pula…

  3. kholil
    1 Juni 2010 pukul 10:37 am

    apabila kita sudah berusaha maka bertawakallah kepada Allah.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar